Minggu, 18 Mei 2014

Berbagi dengan Hati (9)

MANUSIA berencana, Tuhanlah yang memastikan terlaksana tidaknya. Begitu pula yang terjadi dalam kegiatan penyampaian amanat santunan buat anak yatim, yang diselenggarakan oleh komunitas gerakan moral - Recehan untuk Indonesia, pada hari Minggu, 18 Mei 2014, silam. Anak-anak yang telah dijadualkan akan disantuni pada hari itu, terpaksa batal datang karena pendampingnya mendadak mendapat tugas ke Yogyakarta. Dan kabar tersebut datang pada pukul 22. Bayangkan, menjelang tengah malam dan harus mendapatkan 10 anak yatim untuk acara santunan besok siang. Maka, pilihan satu-satunya adalah menghubungi orang-orang yang dianggap bisa membantu mencarikan anak yatim itu.

Ada yang bisa membantu? Alhamdulillah, ada. Maka masalah dianggap telah teratasi. Siang, ketika anak-anak itu datang ke lokasi acara. Beberapa penggerak Recehan untuk Indonesia mengenali anak-anak itu sebagai anak-anak yang pernah disantuni. Maka pendamping anak-anak itu segera ditanya, apa benar anak-anak itu pernah disantuni oleh Recehan untuk Indonesia sebelumnya? Dijawab, ya benar. Nah, ini masalah baru.
Bagaimanapun, para penggerak Recehan untuk Indonesia selalu menyadari bahwa tugas mereka ialah menyampaikan amanat dengan sebaik-baiknya, setepat-tepatnya. Sangat diupayakan agar tidak pernah terjadi kekeliruan di dalam penyampaian amanat itu. Jadi, kali ini mereka harus memilih antara rasa kasihan kepada anak-anak yatim dan menjaga agar amanat tersalurkan dengan benar dan tepat. Dan keputusannya... mereka tetap akan memberi santunan kepada anak-anak yatim itu, tapi tidak memberikan goodybagnya.
Dalam acara santunan yang ke-9 ini, yang memberi tausiah ialah pasangan Ustadz Muhammad Bambang Jauhariansyah dan Ustadzah Denny Rosana. Mereka memberi tausiah secara bergantian. Yang pertama Ustadzah Denny, hanya sebentar. Dan selanjutnya Ustadz Muhammad yang menyampaikan siraman rohani secara panjang lebar kepada anak-anak.
Acara santunan pada hari ini mengambil waktu sore, karena siangnya cafe digunakan oleh komunitas yang mengadakan acara di situ. Sekitar pukul 15 acara dimulai, dan ditutup pada sekitar pukul 17 dengan pembagian santunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar